Follow By Email

Tuesday, October 1, 2013

Managemen Kelabilan Emosi Remaja

          Remaja

Remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, pada masa ini akan mengandung banyak perubahan baik dalam fisik maupun psikis. Pada masa remaja ini adalah fase perkembangan yang cukup penting. Remaja merupakan tahap perkembangan yang dilematis, dikalangan orang dewasa mereka belum diterima sedangkan disisi lain mereka juga sudah tidak ingin dikatakan sebagai anak-anak lagi. Perubahan yang yang terjadi pada remaja ini sering kali menimbulkan masalah baik bagi remaja ini sendiri maupun masalah yang dapat berdampak pada orang lain Masa remaja sering disebut masa yang labil penuh dengan gejolak kejiwaan dan problematika karena ketidakstabilan emosi.
Emosi adalah keadaan-keadaan yang mendalam yang biasanya menimbulkan perbuatan-perbuatan. Emosi adalah setiap kegiatan atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu serta setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Dan ini cocok sekali dengan dengan perkembangan pada masa remaja yang sedang mengalami berbagai perubahan  fisik pada dirinya. Yang menimbulkan reaksi emosi yang lebih tinggi terutama jika orangtua , guru dan teman sebaya tidak memberikan respon positif dengan segala perubahan yang dialami.
Banyak penelitian membuktikan bahwa salah satu penyebab remaja menjadi nakal adalah karena mengalami gangguan emosi. Gangguan emosi menimbulkan rasa tidak puas terhadap kehidupan sehari-hari. Selanjutnya dapat timbul kebencian dan kecemburuan  terhadap orang-orang yang dilihatnya lebih beruntung dan bahagia.
Emosi tidak selalu jelek, karena emosi juga dapat memberikan bumbu kepada kehidupan , tanpa emosi hidup ini kering dan gersang. tingkah laku emosional dapat dibagi menjadi empat macam yaitu ; marah, orang bergerak menentang sumber frustasi ; takut, bergerak meninggalkan sumber frustasi; cinta, orang bergerak menuju sumber kesenangan ; depresi, orang menghentikan respon-respon terbukanya dan mengalihkan emosi kedalam dirinya sendir
Emosi negatif pada dasarnya dapat diredam sehingga tidak memnimbulkan efek negatif. Beberapa cara untuk meredam emosi adalah :
1.      berfikir positif
2.      mencoba belajar memahami karakteristik orang lain
3.      mencoba menghargai pendapat dan kelebihan oranglain
4.      introspeksi dan mencoba melihat apabila kejadian yang sama terjadi pada diri sendiri, mereka dapat merasakannya
5.      bersabar dan menjadi pemaaf
6.      alih perhatian, ayitu mencoba mengalihkan perhatian pada objek lain dari objek yang pada mulanya memicu pemunculan emosi negatif
Cara lain yang dapat digunakan untuk mengembangkan emosi remaja agar dapat memiliki kecerdasan emosi adalah sebagai berikut :
1.      belajar mengembangkan kesadaran diri
2.      belajar mengambil keputusan pribadi
3.      belajar mengelola perasaan
4.      belajar menangani stres
5.      belajar berempati
6.      belajar berkomunikasi
7.      belajar membuka diri
8.      belajar menegembangkan pemahaman
9.      belajar menerima diri sendiri
10.  belajar mengembangkan tanggung jawab pribadi
11.  belajar mengembangkan ketegasan
12.  belajar dinamika kelompok

13.  belajar menyelesaikan konflik

0 komentar:

Post a Comment