Follow By Email

Thursday, December 6, 2012

MAN II Malang Profil

Profil MAN Malang II Batu





MADRASAH ALIYAH NEGERI
KOTA BATU

JL. Patimura 25 Kota Batu
Telp./Fax: 0341-592185 email: man_kotabatu@yahoo.com


Sejarah MAN Malang II
1. PGAA NU Batu diresmikan menjadi SPIAIN Sunan Ampel dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 02 Tahun 1970, menempati Gedung milik Al-Maarif Batu Jalan Semeru No. 22 Batu.
2. Tahun 1978 secara resmi menjadi MAN Malang II berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 17 Tahun 1978, menempati Gedung Al-Maarif Batu.
3. Tahun 1979 MAN MALANG II pindah lokasi ke Gedung milik MI Raoudlatul Ulum di Jalan Lahor 23 Batu dengan Hak Sewa Bangunan.
4. Tahun 1981 secara resmi MAN MALANG II telah menempati Gedung milik sendiri (Pemerintah) yang berlokasi di Jalan Patimura Nomor 25 Batu yang di bangun dengan dana DIP Tahun Anggaran 1980/1981.
Pergantian Pimpinan sejak SPIAIN Sunan Ampel sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :
Tahun 1960 – 1974 nama pimpinan MOH. ROFI’I
Tahun 1974 – 1980 nama pimpinan GHOZALI NOOR, BA
Tahun 1980 – 1989 nama pimpinan Drs. SULHANI
Tahun 1989 – 1993 nama pimpinan Drs. H. TORAS GULTOM
Tahun 1993 – 1999 nama pimpinan Drs. H. UNTUNG SALEH
Tahun 1999 – 2004 nama pimpinan Drs. H. TONEM HADI
Tahun 2004 – 2005 nama pimpinan Drs. H. A. DHOHIRI
Tahun 2005 – 2008 nama pimpinan MASRUR ARIFIN, S.Pd (alm)
Tahun 2008 - sampai sekarang nama pimpinan Drs. WINARSO

Situasi Umum dan Lingkungan
Kota Batu berada di daerah pegunungan dengan udara yang sejuk, sebuah kota wisata dengan jumlah obyek wisata alam, tempat peristirahatan dengan fasilitas hotel, villa, sumber air panas, kolam renang, dan beberapa tempat hiburan, baik yang berada di dalam kota maupun di daerah-daerah saekitarnya. Batu juga berada pada jalur lalulintas Malang-Kediri-Jombang, Batu-Mojokerto lewat lintas pegunungan.
Disamping sebagai kota Wisata, Batu juga dikenal sebagai kota niaga yang terkenal dengan hasil pertanian Apel.
MAN II Malang Batu berada dalam lingkungan ini, dan para siswanya sebagian besar berada dan berasal dari masyarakat dalam lingkungan Kota Batu, disamping daerah sekitarnya.

Visi dan Misi MAN Malang II Kota Batu
Visi
Terciptanya Generasi Muslim Yang Cerdas,
terampil dan berakhlaq mulia.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan MA untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan berkualitas serta berprestasi.
2. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi.
3. Menyelenggarakan pendidikan yang dapat mengembangkan potensi peserta didik yang dijiwai seni islam.
4. Menyelenggarakan pelatihan dan ketrampilan yang di landasi akhlaqul karimah.


KONDISI OBYEKTIF MADRASAH
A. Keadaan Guru
MAN Malang II BATU memiliki tenaga Guru sebanyak 52 orang yang terdiri dari 32 Guru Tetap dan 20 orang Guru Tidak Tetap, dan Pegawai Tetap sebanyak 3 orang dan 7 orang Pegawai Tidak Tetap. Latar Belakang pendidikan tenaga Guru terdiri dari 3 orang Sarjana S-2, 50 orang Sarjana S-1

B. Keadaan Siswa
Jumlah siswa pada :
Tahun 1998/1999 berjumlah 333 orang,
Tahun 1999/2000 berjumlah 461 orang
Tahun 2000/2001 berjumlah 580 orang
Tahun 2001/2002 berjumlah 659 orang
Tahun 2002/2003 berjumlah 672 orang
Tahun 2003/2004 berjumlah 601 orang
Tahun 2004/2005 berjumlah 615 orang
Tahun 2005/2006 berjumlah 575 orang
Tahun 2006-2007 berjumlah 584 orang
Jumlah Rombongan Belajar mulai dari 9 rombongan pada tahun 1998/1999 sampai dengan tahun 2006/2007 berjumlah 15 rombongan belajar dengan program jurusan yaitu BAHASA, IPA dan IPS, keadaan siswa tahun 2006/2007 disajikan dalam tabel berikut:

C. Keadaan Gedung dan Ruangan
MAN Malang II Batu memiliki ruang kelas sebanyak 15 ruang, 1 ruang Kepala, 1 ruang Tata Usaha, 1 ruang Guru, 1 ruang Perpustakaan dan lain-lain

Fasilitas Penunjang
1. Masjid
2. Perpustakaan
3. Laboratorium IPA
4. Laboratorium Bahasa
5. Laboratorium Komputer
6. Lapangan Olah Raga ( basket, Volly)
7. Ruang Ketrampilan elektro, jahit
8. Ruang kopsis
9. Ruang UKES
10. Beberapa jenis media pengajaran.

PROGRAM PENGEMBANGAN
A. Bidang Sarana dan Prasarana.
Melihat dari kondisi obyektif dan permasalahan-permasalahannya yang dihadapi secara bertahap, melalui program pengembangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, MAN II Batu terus berusaha mengembangkan dir, minimal setara dengan sekolah tingkat menengah pada umumnya.
Untuk tahap awal, dalam bidang sarana prasarana fisik, pengembangan diarahkan pada terpenuhinya kelengkapan-kelengkapan antara lain dapat dilihat pada tabel

B. Bidang Ketenagaan
Pengembangan bidang ketenagaan merupakan upaya :
1. Pemenuhan kebutuhan tenaga yang berkelayakan
2. Peningkatan SDM dalam arti peningkatan profesionalisme
Hal ini mencakup antara lain :
a. Tenaga Guru
b. Tenaga Administrasi
c. Laboran
d. Pustakawan
e. Penjaga Madrasah
f. Kegiatan Kebersihan

Bidang Kurikulum
Pengembangan dalam bidang Kurikulum disamping mengacu pada Keputusan Menteri Agama RI No. 370 Tahun 1993, juga pada hasil Rapat Kerja Pejabat Bidang Binrua Islam Kantor Wilayah Dep. Agama Provinsi Jawa Timur tanggal 20 s.d. 22 Agustus 2002, khususnya yang menyangkut Program Kerja Pengembangan Kurikulum
Secara operasional pengembangan dalam bidang kurikulum berkaitan dengan langkah-langkah antara lain :
a. Pendayagunaan fungsi dan tugas Kepala Madrasah
b. Peningkatan Kualitas Guru
c. Efisiensi dan effektifitas Kegiatan Belajar Mengajar
Lebih lanjut, hal ini dijabarkan dalam upaya peningkatan kualitas pada halaman berikutnya.

Bidang Kesiswaan
Bidang Kesiswaan diarahkan kepada pengembangan 3 potensi :
1. Pembinaan Akhlaqul Karimah
2. Pembinaan potensi intelegensi dan prestasi keilmuan
3. Pembinaan Kreativitas
Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk pembinaan bidang kesiswaan ini, antara lain :
1. Diklat Kepemimpinan Siswa
2. Kepramukaan
3. Palang Merah Remaja
4. Karya Ilmiah Remaja
5. Kegiatan Keagamaan
6. Keputrian (Tata Busana, Tata Boga, Tata Graha)
7. Ketrampilan Menjahit
8. Kegiatan Seni
9. Olah Raga Prestasi
10.Badan Dakwah Islam
dan kegiatan-kegiatan lain yang sebagian bersifat insidental.

Bidang Hubungan Masyarakat.
Di bidang Humas diupayakan partisipasi masyarakat yang menunjang peningkatan dan pengembangan Madrasah, antara lain :
1. Peningkatan peran seta orang tua siswa melalui BP-3/Majlis Madrasah
2. Menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga pendidikan yang lain, termasuk KKM (Kelmpok Kerja Madrasah)
3. Menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan para ulama setempat
4. Mengupayakan dsana beasiswa bagi siswa yang kurang mampu
5. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan
6. Kegiatan silaturrohim rutin keluarga MAN Malang II Batu.

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS
A. Peningkatan Sarana dan Prasarana
Upaya peningkatan kualitas Madrasah berkaitan erat dengan penigkatan sarana dan prasarana, baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak, antara lain :
1. Pengadaan pembangunan sarana dan prasarana baru secara bertahap dan terencana.
2. Rehabilitasi sarana dan prasarana yang ada
3. Melengkapi buku-buku pelajaran dan perpustakaan Madrasah.
4. Peningkatan dan penyempurnaan Laboratorium.
5. Penyediaan alat-alat ketrampilan.
6. Penyediaan alat-alat olag raga.
7. Penyediaan alat-alat pelajaran.
8. Penyediaan alat-alat keseniaan.
9. Penyediaan alat-alat ekstrakurikuler.

Peningkatan Manajemen Madrasah
Peningkatan Manajemen Madrasah mencakup unsur-unsur pengelolaan :
1. Peserta didik (siswa).
2. Kurikulum / program
3. Tenaga Kependidikan
4. Fasilitas pendidikan (sarana dan prasarana)
5. Keuangan
6. Pemasok dan lingkungan.

Peningkatan Profesional Guru dan Tenaga
1. Kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan
2. Penugasan Guru dengan tepat antara keahlian dan tuntutan kurikulum
3. Rekruitmentenaga Guru dan Tenaga Kependidikan.
4. Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan
5. MGMP, Pelatihan, Seminar dan semacamnya.

Optimalisasi dan Penambahan Jam Belajar
1. Efisiensi jam pelajaran dalam KBM.
2. Penugasan-penugasan dan latihan.
3. Wajib Tartil Al-Qur’an setiap hari sebelum pelajaran dan hafalan Surat Yasin setiap hari Jum’at.
4. Penambahan jam pelajaran yang diintegrasikan pada jam wajib menurut kurikulum (bukan semacam tambahan pelajaran)
5. Memberi kesempatan siswa untuk menambah melalui lembaga-lembaga atau kelompok belajar di luar Madrasah.
6. Try-out Ujian Nasional danUMPT
7. Layanan bagi siswa yang kurang berprestasi

Kegiatan Ekstra Kurikuler
1. Pramuka
2. PMR
3. Karya Ilmiah Remaja
4. Ketrampilan Keputrian
5. Kesenian gambar
6. Olah Raga Prestasi
7. Keagamaan
8. Bela Diri
9. Paduan Suara



sumber:http://mankotabatu.forumotion.net/t2-man-kota-batu